Cara Membuat Alat Bak Sortir Ikan Lele

Cara membuat alat bak sortir ikan lele – Cara seleksi benih ikan lele supaya di hasilkan benih yang memiliki ukuran sama bisa menggunakan alat bak yang telah di lubangi..biasanya para petani lele menggunakan beberapa bak dengan memiliki ukuran lubang yang berbeda..

Advertisements

Hal ini untuk memudahkan dalam melakukan seleksi benih lele sesuai yang di harapkan.Penyortiran juga berfungsi untuk menghindari benih yang yang terlalu besar supaya tidak menjadi kanibal nantinya ketika akan di budidayakan..Sebab ikan lele tergolong ikan kanibal,jika kelaparan ia bisa memakan ikan yang lebih kecil dan lemah..Cara Membuat Alat Bak Sortir Ikan Lele

Para petani biasanya melakukan seleksi ukuran sebanyak dua sampai tiga kali,cara melakukan penyortiran bisa menggunakan alat baskom yang telah kita lubangi sesuai ukuran yang kita inginkan.Biasanya benih ikan lele yang siap tebar,memiliki ukuran 4-6 cm,jadi jika ingin membuat alat sortisr dari baskom,bisa menyesuaikan dengan kepala benih lele yang memiliki ukuran tersebut..

Tahap Seleksi Benih ikan lele.

Seperti yang seduh saya jelaskan di atas,jika seleksi  benih ikan lele di lakukan dua sampai tiga kali.waktu pertama melakukan penyortiran ketika benih ikan lele memasuki usia 25 hari.benih yang telah berumur 25 hari,telah mencapai ukuran beragam ada yang 2-3-4-5 cm bahkan tak jarang ada benih yang telah memiliki ukuran di atas 6 cm..

Jika hal ini tidak kita pisahkan,nantinya benih yang kecil akan menjadi santapan benih yang lebih besar saat kita kekurangan memberikan pakan.hal ini penting kita lakukan,untuk menjaga kanibalisme pada benih ikan lele tersebut..

Lakukan penyortiran hingga 2-3 kali supaya benih ikan lele di dapatkan dalam satu kolam memiliki ukuran yang sama.setelah di lakukan seleksi ukuran,benih yang memiliki ukuran lain di tempatkan dalam kolam kusus untuk di lakukan pembesaran..

Advertisements

Penyortiran benih lele Tahap Selanjutnya..

Setelah kita lakukan penyortiran yang pertama,maka kita bisa melakukan penyortiran ke langkah berikutnya,tujuannya sama,yaitu memisahkan benih yang memiliki ukuran lebih besar supaya tidak terjadi kanibalisme..

Alat yang kita gunakan berupa bak yang telah kita lubangi juga berbeda dari seleksi tahap awal..tentunya memiliki lubang yang lebih besar yang bisa di sesuaikan dengan ukuran kepala benih lele tersebut,mau seberapa ukuran lele yang akan kita pisahkan,tergantung kita menyetel di lapangan..

Benih yang bagus dan siap untuk di dederkan dalam kolam pembesaran biasanya benih yang telah memiliki ukuran 6-8 Cm.maka dari itu,jika tujuan benih ingin anda jual atau sebagai bisnis jual beli benih lele,maka anda bisa membuat alat penyortir dengan ukuran tersebut yang bisa di sesuaikan dengan kepala ikan lele..Cara Membuat Alat Bak Sortir Ikan Lele

Membuat Bak Sortir ikan lele.

Cara membuat bak untuk sortir benih ikan lele sangat mudah dan gampang.yang perlu anda siapkan sebuah bak dengan ukuran besar atau sedang..

cara inilah yang paling mudah simpel dan tidak neko-neko.bak tersebut cukup anda lubangi sesuai ukuran kepala ikan lele yang akan anda sortir.sebagai contoh saja.mosal.menginginkan benih ikan lele yang memiliki ukuran 3 cm.maka lubang yang kita buat di sesuaikan dengan ukuran kepala lele tersebut.

Baca Juga: Cara menetaskan telur dan larva ikan lele sangkuriang

Begitu juga seterusnya,jika menginginkan ukuran yang lebih besar,cukup di sesuaikan ukuran benih lele tersebut,lalu kita lubangi bak sesuai ukuran kepalanya..salam..

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Cara Membuat Alat Bak Sortir Ikan Lele | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.