Cara Mancing Ikan Mas Yang Ngambang 2018

Pernahkah kamu memancing tapi umpanmu tak disambar ikan sama sekali meskipun ikan terlihat dari permukaan air? Tentu hal ini cukup mengesalkan bukan?

Hal ini bisa dikatakan kamu sedang memancing ikan mas yang ngambang dan cukup lumrah terjadi di kalangan pehobi memancing.

Lalu bagaimana solusinya agar kita tetap bisa pulang dengan membawa hasil tangkapan? Bagi kamu yang suka memancing ikan mas baik di kolam maupun di sungai, berikut ini ulasan cara mancing ikan mas yang ngambang dan bisa kamu terapkan saat memancing nanti.

Advertisements

Apa Maksudnya Ikan Mas Yang Ngambang?

Dalam kondisi air yang cukup hangat, ikan mas bisa hidup hingga kedalaman 1,5 meter. Tapi, jika kondisi cuaca dingin, ikan mas akan mencari tempat yang hangat dengan berenang setengah air sambil berpindah-pindah.

Cara Mancing Ikan Mas Yang Ngambang

Hal inilah yang disebut dengan ikan mas yang ngambang. Dari permukaan air yang jernih kamu bisa melihat bahwa ikan-ikan ini bergerak di permukaan seperti mengambang.

Kondisi ini menyebabkan umpan yang kita pasang tak tersentuh oleh ikan melainkan jatuh ke dalam dasar kolam.Baca Umpan Coklat Mancing Ikan Mas

Cara Mancing Ikan Mas Yang Ngambang Agar Mau Memakan Umpan Kita

Meski berada dalam keadaan berenang setengah air, masih ada beberapa cara agar ikan mas mau memakan umpan yang kita pasang.

Advertisements
  1. Menggunakan kail yang lebih kecil.

Menyiasati ikan yang ngambang, salah satunya yakni dengan menggunakan kail yang lebih kecil atau kail yang dipakai untuk memancing ikan mujair.

Advertisements

Karena ukuran kailnya kecil, maka ukuran umpan yang dipakai juga kecil. Hal ini dimaksudkan agar umpan tidak tenggelam ke dasar air melainkan melayang sehingga berpeluang dimakan ikan daripada umpan yang besar.

Sebaiknya hindari menggunakan umpan yang memiliki kili-kili (swivel) dan memakai timah pemberat agar umpan bisa melayang di air yang hangat.Baca Umpan Mancing Pari Laut Siang Malam

Biasanya pemancing mengalami kesulitan ketika melempar umpan ke lokasi yang diinginkan karena ukuran kail dan umpan yang kecil dan ringan.

  1. Menggunakan rangkaian mata kail atau memakai lebih dari satu mata kail.

Menggunakan rangkaian mata kail yang memiliki 2, 3, 4 atau lebih dari satu mata kail merupakan alternatif cara mancing ikan mas yang ngambang lainnya.

Dengan cara ini kamu tetap bisa menggunakan pelampung dan menambahkan gulungan tanah liat kecil yang dipasang di kili-kili.

Pelampung dan gulungan tanah liat kecil ini nantinya akan memudahkanmu ketika harus melempar kail ke lokasi ikan setengah air bergerombol.

  1. Menggunakan pelampung yang lebih besar.

Cara yang terakhir yakni dengan menggunakan pelampung berukuran besar. Pelampung jenis ini tentu memiliki daya apung yang lebih besar sehingga mampu mengangkat umpan yang terpasang pada kail.

Umpan akan berada di posisi pertengahan antara dasar air dan permukaan air sehingga berpeluang lebih besar didekati ikan mas yang ngambang.Baca Umpan Mancing Gurame Kolam

Semoga dengan menerapkan ketiga cara mancing ikan mas yang ngambang di atas, kamu bisa membawa pulang ikan sebanyak-banyaknya. Selamat memancing.

Cara Mancing Ikan Mas Yang Ngambang 2018 | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.