Cara Budidaya Ikan Patin Kolam Terpal Pemula

Cara budidaya ikan patin kolam terpal pemula – Siapa yang tidak mengenal ikan patin,Ikan yang banyak mengandung gizi tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.Ikan patin sendiri sangat mudah untuk kita budidaya dalam kolam terpal.dengan kolam terpal,Modal yang kita kuluarkan tidak sebanyak jika menggunakan kolam batu..

Advertisements

Banyak para petani yang beralih profesi sebagai peternak ikan,kusus ikan patin yang memang sangat bagus untuk prospek bisnis yang cukup menjanjikan..Hal ini terbukti jika kita melihat dari harga ikan yang cukup mahal di pasaran..

Sebelum kita melakukan budidaya ikan patin di kolam terpal,akan lebih bagus jika kita kethui terlebih dahulu seluk-beluk kehidupan ikan patin liar.Hal ini untuk kita menyesuaikan dengan budidaya yang akan kita lakukan nanti..

Selain itu,Jika anda kusus pemula,ilmu pengetahuan juga penting untuk anda ketahui,sebab jika ilmu dan teknik belum anda ketahui,nantinya malah berdampak negatif bagi usaha budidaya ikan patin kolam terpal yang sedang anda jalankan..Cara Budidaya Ikan Patin Kolam Terpal Pemula

Mengenal karakter ikan patin.

Ikan patin adalah salah satu hewan yang termasuk dalam kategori omnivora pemakan segala,Intinya ikan ini bisa kita berikan pakan apa saja,sesuai habitat di alam liarnya..Ikan patin dewasa mampu memiliki panjang badan hingga 150 Cm  dengan bobot sampai 3-5 kg..

Memang cukup besar untuk kategori ikan lele-lelean.warna ikan patin bagian bawah putih dan atas punggung memiliki warna kebiruan..cara ini;lah untuk menentukan ciri fisik ikan patin dari jenis warna yang tergolong cukup mudah..

Banyak orang yang sengaja memelihara ikan patin di akuarium sebagai ikan hias,memang ikan ini tergolong ikan yang unik,menarik dan memiliki harga tinggi.kususnya untuk ikan patin yang masih kecil,jika ikan sudah dewasa,warna pada badannya akan berubah dan kurang bagus untuk di pajang di akuarium..

Di indonesia,ikan patin ada dua jenis yang sering di jadikan ikan budidaya,yaitu patin jenis jambal dan patin jenis patin siam.Untuk patin jambal banyak kita temui di danau,rawa dan sungai,untuk patin siam inilah yang kita temui di pasaran dan sebagai ikan patin budidaya..

Syarat Hidup Ikan patin.

Ikan patin tergolong ikan yang paling mudah untuk di budidayakan,ia bisa hidup di perairan apa saja,akan tetapi,bisa hidup di air dengan PH tinggi maupun PH rendah,hal inilah yang menjadi salah satu faktor banyaknya orang yang beralih untuk ternak ikan patin karena kemudahannya..

Untuk di alam liar,ikan patin menyukai lokasi sedikit berlumpur,misal di sungai,ikan ini akan banyak bersarang di bagian dalam atau samping sungai dengan membuat lubang kusus.Ikan patin adalah ikan yang hidup aktif pada malam hari.ia akan mencari makan malam dan siang di gunakan untuk tidur istirahat atau tidur di sarang..

Pakan alami ikan patin Liar.

Sesuai penjelasan di atas,jika ikan patin adalah salah satu hewan ominivora pemakan segala,ia akan menyantap apa saja yang di temui di hadapannya.Namun pakan yang paling di sukai adalah cacing,anak ikan,anak udang,serangga serta dari biji-bijian..

Untuk ikan patin budidaya,pakan yang bisa kita gunakan berupa pelet atau dari jenis hijauan yang kita cacah.Ikan patin menyukai pakan apa saja,jadi pakan utama pelet yang bisa kita berikan pakan tambahan lainnya..

Advertisements

Menyiapkan induk ikan patin Budidaya.

Banyak para petani yang sengaja membudidayakan sendiri bibit yang akan di gunakan pada kolam terpal.namun tak sedikit juga yang membeli dari penangkar lain yang telah teruji kualitas dari pada bibit tersebut.Induk bagus akan menghasilkan bibit anakan patin yang berkualitas..

maka dari itu,pemilihan induk penting untuk mencetak bibit ikan patin super dan berkualitas.Berikut ini ciri-ciri induk jantan dan betina yang bagus jika kita lihat dari ciri fisik serta umur yang tepat  untuk di kawinkan..

Induk Patin betina.

  1. Induk wajib memiliki umur di atas 2 tahun.
  2. Induk wajib memiliki berat badan berkisar antara 2,5-3 kg.
  3. Induk yang memiliki perut sedikit membesar ke bagian anus.
  4. Bagian perut induk patin kenyal,empuk serta halus saat kita raba.
  5. Induk sehat tidak ada cacat fisik dan mental.
  6. Gesit,lincah dan selalu bergerak aktif.
  7. Warna badan cerah,bersinar tidak layu.

Induk Patin Jantan.

  1. Memiliki umur di atas 1,5 tahun.
  2. Induk jantan memiliki berat di atas 2 kg.
  3. bagian perut lembek,halus serta tipis.
  4. Sehat,tidak cacat dan selalu aktif bergerak.Cara Budidaya Ikan Patin Kolam Terpal Pemula

Cara menebar benih patin di kolam terpal.

Sebelum benih kita tebar,pastikan kolam terpal sudah kita siapkan.untuk ukuran kolam,silahkan di sesuaikan sendiri dengan jumlah ikan yang akan anda pelihara.Untuk pembuatan kolam mungkin tidak saja jelaskan lebih mendetail,sebab sudah banyak yang mengetahui cara membuat kolam terpal untuk ternak patin ini.

Baca Juga: Resep umpan mancing ikan patin besar liar

Nah,setelah kolam siap,untuk menumbuhkan pakan alami,kolam terpal bisa juga anda berikan atau taburi menggunakan pupuk kandang.cara ini biasanya di gunakan untuk budidaya ikan patin di kolam tanah,namun tak ada salahnya jika kita terapkan juga pada kolam terpal.

Penebaran benih ikan patin yang paling baik sebaiknya lakukan pada pagi hari atau sore hari,.hal ini untuk menghindari benih stres dan bisa mengakibatkan kematian.lakukan secara hati-hati .untuk ukuran benih yang siap tebar di kolam berkisar 2 Cm..

Pakan Ikan patin Kolam terpal.

Pakan utama ikan patin adalah pelet,namun kita juga bisa memberikan pakan tambahan dengan cara membuat sendiri bahan tersebut.Biasanya bahan untuk membuat pakan tambahan berupa tepung ikan,tepung kedelai,bungkil kelapa,dedak halus untuk dosis dan takaran silahkan anda sesuaikan dengan kebutuhan..

Jika kita hanya mengandalkan pakan pelet saja,mungkin biyaya yang kita keluarkan cukup besar,maka dari itu,pakan racikan ini mampu menghemat biyaya pembelian pakan hingga 50%.untuk hasil dan khasiat bagus selama ini sesuai pengalaman..

Usia penen Ikan patin.

Jika perawatan serta pakan yang kita berikan berkualitas kandungan proteinnya,maka dalam usia 4-5 bulan saja,ikan patin sudah siap untuk di lakukan pemanenan.semua tergantung dari para peternak sendiri,bagaimana ia melakukan perawatan serta pakan yang di berikan..

Baca Juga: teknik umpan mancing ikan patin sungai danau

Semua juga tergantung dari permintaan pasar,berapa berat ukuran yang di minta.tidak ada patokan kusus untuk memanen ikan nila.sebab semua di tentukan oleh banyak faktor,misal pakan dan kebutuhan permintaan pasar itu sendiri..semoga berguna..

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Cara Budidaya Ikan Patin Kolam Terpal Pemula | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.