Cara Budidaya Ikan Nila Gesit Kolam Terpal

Cara budidaya ikan nila gesit Kolam terpal – Jenis ikan nila gesit merupakan ikan nila yang super unggul serta memiliki kelamin yang lebih dominan betina.ikan nila gesit juga sangat bagus jika kita budidayakan dalam kolam terpal,tanah dan batu..

Advertisements

Yang paling unik dari ikan nila gesit ini,Jika ikan di kawin silangkan dengan jenis ikan betina,maka hasil anakan yang akan di hasilkan semua pasti berkelamin jantan.Nila jenis gesit merupakan hasil dari penemuan lokal yang di lakukan penelitian di kota bogor.

Untuk melakukan budidaya ikan nila gesit,kita tidak harus menyediakan kolam yang lebar,hanya dengan menggunakan drum,ember sudah bisa kita membudidayakan jenis ikan ini baik untuk usaha skala besar maupun hanya sebagai penyalur hobi saja..Cara Budidaya Ikan Nila Gesit Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Nila Gesit.

Ikan nila gesit merupakan jenis ikan air tawar dan saat ini sangat banyak di budidayakan di daerah indonesia.selain itu,dalam melakukan pemasaran ikan ini,tergolong mudah yang banyak di cari oleh masyarakat setiap harinya.tak ada salahnya jika anda memulai usaha jenis ikan nila gesit ini di rumah..

Kolam yang Bagus Untuk Ikan Nila gesit.

Yang paling perlu di perhatikan adalah kualitas tanah,akan lebih bagus jika nila gesit kita lakukan budidaya di dalam tanah yang memiliki tekstur lempung atau tanah liat jika kita menginginkan ternak di kolam tanah,selain itu,juga bisa menggunakan kolam terpal dan batu..

Advertisements

Ikan nila gesit cocok kita budidayakan di daerah yang memiliki suhu dingin kurang lebih 450 Mdpl.selain itu kualitas air yang akan kita gunakan juga wajib menggunakan air bersih dan terhindar dari berbagai zat kimia lain..

Air yang kurang bersih dan keruh juga akan mempengaruhi kualitas ikan kusunya dalam hal pertumbuhan dan kesehatan.Ph air juga harus kita perhatikan,ikan nila gesit akan cocok dengan tingkat Ph berkisar 6-8 Ph.

Cara Penebaran benih Ikan nila gesit.

Benih yang paling bagus untuk kita lakukan penebaran di kolam pembesar,yaitu ketika bibit ikan memiliki ukuran 8-10 cm dan berat maksimal ikan berkisar 30 gram per ekor benih.

Biasanya dalam waktu 6 bulan kedepan,ikan nila mampu mencapai bobot berkisar 400-600 Gram dan siap untuk di lakukan pemanenan.yang terpenting cara perawatan,kualitas pakan serta pemberian vitamin  supaya ikan nila gesit cepat besar dan mampu kita panen dengan waktu yang relatif singkat..

Pakan Ikan Nila.

Pakan yang kita berikan juga kita sesuaikan dengan ukuran atau umur ikan.banyak jenis pakan yang kita berikan,baik pakan berupa pabrik dan pakan tambahan yang bisa kita buat sendiri,dengan demikian,modal usaha yang kita kaluarkan relatif lebih murah..

Pakan yang bisa anda berikan pada ikan nila antara lain.

  1. Dedak.
  2. Ampas kelapa.
  3. Pelet.
  4. Dll.

Selain itu,pakan ikan nila juga wajib banyak mengandung nilai protein,lemak,karbohidrat dll .

Waktu Penen Ikan nila.

Panen ikan nila bisa kita yang menentukan sendiri,Artinya semakin bagus pakan yang kita berikan,maka pertumbuhan ikan nila juga akan lebuh cepat besar.begitu juga sebaliknya,jika pakan kurang banyak kandungan protein,lemak dan karbohidrat,pertumbuhan ikan juga melambat..

Biasanya para petani melakukan panen ikan nila berkisar antara 4-6 bulan,di usia tersebut,ikan nila sudah memiliki berat berkisar 400-600 gram per ekor.Dalam melakukan panen ikan nila,akan lebih bagus jika dilakukan secara bertahap dan di sesuaikan dengan segmen pasar sesuai kriteria dan ukuran yang di inginkan…salam…

Advertisements

Baca juga: amalan dan doa sebelum mancing ikan

Cara Budidaya Ikan Nila Gesit Kolam Terpal | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.