Cara Agar Senar Pancing Tidak Keriting (Pengalaman Sendiri)

Menjumpai senar pancing yang kusut atau keriting menjadi salah satu hal yang paling menyebalkan bagi seorang pemancing.

Senar yang sudah terlanjur keriting atau kusut sangat sulit diurai. Hal yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah memotong senar tersebut.

Masih ada cara agar senar pancing tidak keriting karena memotong senar yang keriting bukan satu-satunya solusi. Memotong senar pancing justru akan merugikan diri sendiri karena secara otomatis panjang senar pancing akan berkurang karena dipotong.

Advertisements

Jika panjang senar sudah tidak memungkinkan, maka anda harus membeli senar baru yang akan membuat pengeluaran Anda bertambah.

Cara Agar Senar Pancing Tidak Keriting (Pengalaman Sendiri)

Agar Senar Pancing Tidak Keriting

Menjaga senar pancing supaya tidak kusut atau tidak keriting ini sebenarnya mudah, Anda hanya perlu telaten dalam melakukan langkah-langkah tersebut. baca Reel Ultralight Terbaik Plus Harga

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah supaya senar pancing tidak keriting.

  1. Gunakan Ring Guide yang Bagus

Ring guide merupakan semacam cincin yang merekat di sepanjang joran untuk menjaga agar senar atau benang pancing tetap pada jalurnya dan mempermudah ketika senar digulung.

Advertisements

Ring guide ini sangat mempengaruhi keriting atau tidaknya senar pancing. Umumnya ring guide ini terbuat dari bahan besi, bahan besi ini mudah sekali berkarat dan membuat benang pancing menjadi keriting ketika bergesekan dengan ring guide tersebut

. Jika joran anda masih menggunakan ring guide yang terbuat dari besi, sebaiknya anda segera mengganti ring guide tersebut dengan bahan keramik.

Ring guide yang sangat berpengaruh terhadap kualitas senar adalah ring guide yang berada di ujung joran. Baca Membuat Rangkaian Pancing Dasaran

  1. Gulung dengan Gulungan Besar

Penyebab benang pancing menjadi keriting biasanya adalah karena digulung dengan gulungan berukuran kecil.

Cara agar senar pancing tidak keriting adalah menggulungnya dengan gulungan yang berukuran besar. Dengan gulungan yang besar ini dapat meminimalisir kekritingan pada benang  pancing.

  1. Perhatikan Spot Memancing

Spot memancing juga sangat mempengaruhi kekeritingan senar, jika Anda memancing di tempat yang terdapat benda seperti sampah, ranting pohon, atau karang akan membuat senar pancing lebih sering bergesekan dengan benda-benda tersebut.

Semakin banyak bergesekan dengan benda asing akan meningkatkan kemungkinan senar pancing menjadi keriting. Sebaiknya Anda memancing di spot yang tidak terlalu banyak benda pengganggu.

Jika senar pancing sudah terlanjur keriting atau kusut, Anda masih tetap bisa mengakalinya tanpa harus memotong senar tersebut.

Cobalah untuk merebus air hingga panas, kemudian masukkan senar pancing Anda yang sudah keriting atau kusut tersebut ke dalam air yang sedang direbus. Baca Mengatasi Senar Pancing yang Mengambang

Biarkan beberapa saat hingga senar kembali ke bentuk semula. Jangan merebus senar pancing terlalu lama untuk menghindari kerusakan senar. Demikian beberapa cara agar senar pancing tidak keriting.

Advertisements
Cara Agar Senar Pancing Tidak Keriting (Pengalaman Sendiri) | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.