4 Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Pengobatannya

4 Jenis penyakit ikan lele dan pengobatannya – Jenis penyakit yang kerap menyerang ikan lele sebenarnya lebih sedikit dan lebih banyak jenis penyakit ikan jenis lain yang bisa mencapai puluhan penyakit yang kerap menyerang.

4 Jenis penyakit ikan lele berikut bisanya sangat kerap sekali menyerang ikan lele baik pada masa pembibitan maupun menyerang induk yang telah dewasa.Banyak jenis faktor serta penyebab ikan lele bisa terserang penyakit,antara lain akibat Bakteri,virus,parasit dan berbagai bahan yang memiliki kandungan kimia..

Penyakit menyerang bisa juga akibat kita yang kurang memperhatikan lingkungan sekitar,tata cara pemberian pakan yang salah dan kurang tepat juga bisa menjadi salah satu faktor lele menjadi terserang jenis penyakit,dan tak sedikit juga yang banyak mengalami kematian..

Advertisements
4 Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Pengobatannya

Foto By binabudidaya.com

4 Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Pengobatannya

Foto By daunijo.com

Kualitas air yang kita gunakan juga memiliki peran penting untuk kesehatan dari pada ikan lele tersebut.maka dari itu,air juga wajib anda perhatikan kususnya saat akan mendederkan benih.hal inilah ayang akan menentukan nasib ternak lele anda nantinya..4 Jenis penyakit ikan lele tersebut seperti di bawah..

Penyakit radang kulit Ikan lele.

Jenis penyakit inilah yang pertama menduduki peringkat teratas dan yang paling sering di keluhkan oleh para peternak ikan lele.Gejala jenis penyakit radang ikan lele bisa kita tandai dengan adanya bintik-bintik pada bagian kulitnya,bintik tersebut bahkan bisa menyebar rata keseluruh bagian badan.

Advertisements

Jika ikan lele sudah terserang jenis penyakit ini,biasanya ikan lele akan mengaruk-ngarukan badan ke bagian dinding kolam.selain gejala dan ciri di atas,ikan lele juga akan kehilangan kelincahannya,Intinya gerak langkah ikan lele menjadi lambat,tidak gesit dan lincah.

Penyebab penyakit radang kulit ikan lele bisa di sebabkan akibat PH air yang yang kurang cocok,bisa terlalu tinggi,dan bisa juga terlalu rendah.Ukuran normal PH air untuk budidaya ikan lele berkisar antara 7-8..

Untuk mencegah serta menaikkan Ph air dengan cara memberikan kompos sebelum ikan lele kita tebar.Artinya pemberian kompos pertama ketikan bibit ikan lele akan di masukan dalam kolam pembesaran.Dengan melakukan pengomposan ini,akan lebih mudah untuk menetralkan Ph air yang mengalami ketinggian dan Ph air yang terlalu rendah.

Penyakit Radang Insang Ikan Lele.

Untuk jenis penyakit Radang insang ini biasanya di sebabkan oleh adanya sebuah parasit.hal ini bisa di akibatkan oleh ketidak telitian para peternak,hal sepele yang bisa mengakibatkan lele sakit dan mati.mungkin di antara anda masih banyak yang belum mengetahui..

Misal pemberian pakan yang terlalu Pagi juga akan cepat membuat ikan lele terserang jenis penyakit radang insang ini.Pemberian pakan untuk ikan lele paling bagus kita berikan ketika pukul 9 Pagi atau sinar matahari sudah mulai muncul.jangan di berikan pakan yang terlalu pagi hari,kurang bagus untuk kesehatan lele.

Hal ini bisa terjadi,jika kita berikan pakan terlalu pagi,maka polusi udara kotor pada permukaan air belum menguap dan hilang,hal ini mengakibatkan,pakan yang kita berikan akan tercampur dengan kotoran debu yang masih mengambang di permukaan air..

Maka setelah terkena sinar matahari,kotoran debu akan menguap dan terbakar dan hilang dari permukaan air.hal ini memang sepele,namun jika anda langgar,maka akan berdampak fatal bagi kesehatan ternak ikan lele anda dirumah..

Penyakit Radang usus Ikan lele.

Radang usus yang kerap menyerang ikan lele bisa kita lihat dengan ciri dan tanda pada ikan lele tersebut.Jika ikan lele sudah terserang penyakit ini,ia akan berdiri tegak bagaikan tiang listrik di dalam kolam.

Penyakit Perut Kembung Ikan lele.

Ciri ikan lele terang jenis penyakit lambung bisa kita lihat di bagian perut yang terlihat membesar.seperti kembung.kembung pada perut ikan lele berisi angin serta cairan,Bukan dari pakan.selain itu,ikan lele  juga akan memiliki gerak lambat,lemah dan sering kita jumpai mengambang ke permukaan air kolam.

Advertisements
4 Jenis Penyakit Ikan Lele Dan Pengobatannya | admin | 4.5
error: Hak Cipta Di Lindungi DCMA.